Desain grafis merupakan suatu karya sari
visualisasi seseorang kedalam media baik kertas atau elektronik
Dari semua desain yang kita lihat tentu
mempunyai aturan terkadang desainer baik pemula atau profesional melanggar
aturan tersebut
Maka disinilah kita harus pandai
memberikan kritik pada desain grafis baik dalam segi warna, komposisi atau tata
letak masih banyak yang lainnya
Desain Grafis Tidak Ada
Patokan Baku Tapi Standarnya
Setiap desainer memiliki pola dan khas
yang berbeda sehingga menjadi patokan masing-masing
kita bebas berekspresi asal tidak
menimpulkan chaos, berantakan dalam bertabrakan dalam artian tidak memiliki
arti
Sebagian kritikus hasil dari desain-desain
akan dikritik secara pedas dan pahit namun tetap objektif.
Diharapkan kritik-kritik tersebut bisa
menjadi obat yang manjur agar tidak mengulanginya untuk desain-desain
berikutnya
Apa Yang Mau Di Kritik
Dalam Desain Grafis
Ketika kita memberikan masukan atau
menilai masukan kita harus punya pegangan untuk penilaian / kritik untuk desain
Ibarat kita ingin menggunakan pengukuran
suatu panjang benda tentu kita harua punya meteran sebagai alat ukur
Demikian juga untuk penilaian desain
grafis ada beberapa yang harus sangat diperhatikan dalam prinsip desain grafis,
sebagai berikut:
- Keserasian Warna
- Kedalaman
- Ruang Atau Space
- Tata Letak Atau Layout
- Penekanan
- Kesesuaian Tema
- Irama
- Komunikatif
Semua komponen diatas kita akan bahaa satu
persatu.. tapi ingat tidak harus semua di pakai ada beberapa yang harus di
pakai atau di tonjolkan bahkan digunakan sedikit saja
Seperti tata letak dan irama di satu sisi
kita akan menggunakan layout tertentu tetapi tidak cocok dengan irama desain
yang kita gunakan
Tapi ada yang harus selalu dipakai seperti
keserasian warna, kesesuaian tema, penekanan dan komunikatif harga mutlak
Masih banyak penilaian yang admin belum
tahu tapi untuk berbagi ilmu saja admin membuat artikel ini
Kita coba lihat poster diabawah, hasil
analisa admin ambil dari buku computer grapich design karya hendi hendratman
Supaya Gampang Kita
Coba Analisa
Daripada bingung lebih baik kita lihat
gambar nya lalu analisa apa yang salah terus harus bagaimana mencari solusinya,
langsung saja
Penilaian Ke-1 #Ruang
Atau Space
Pada penilaian pertama ini memberikan
ruang pada objek yang dimaksud, agar gambar yang akan kita tampilkan
tersampaikan pada audiens
Ada gambar yang membutuhkan ruang kosong
ada yang membutuhkan ruang sempit saja
Tiap ruang yang diberikan ada maksud dari
pemberian ruang tersebut.. seperti memberikan efek jauh, dekat, besar dsb. Kita
analisa spanduk dibawah:
Disana terlihat ada
3 ruang, ruang kiri untuk tulisan, ruang tengah untuk gambar visual dan ruang
kanan untuk brand merk mungkin sponsor
Kita bahas ruang untuk merk atau sponsor
kita bisa lihat untuk logo dan tulisan spektra terlihat ada ruang atau space
kosong ini dimaskudkan agar merk terlihat jelas
Sedangkan untuk semarak akhir tahun
spektra tulisan besar dengan ruang background lebih sempit tapi dengan variatif
garis dan warna yang mencolok pesan dapat tersampaikan
Jadi jelas dalam desain grafis fungsi
space atau ruang sangat berpengaruh, oke tinggal kita lanjut ke penilaian
selanjutnya
Penilaian Ke-2
#Penekanan
Pada penilaian ada penekanan maksud nya
ada kata-kata yang harus cepat disampaikan maka harus dengan penekanan baik itu
dengan warna, tebal bahkan skala tulisan juga
Kita analisa desain dibawah
Kita fokus ke tes karena itu yang
memberikan informasinya inilah catatannya:
Penekan terdapat pada Kata Presentasi Finalis… Dilanjut dengan Kata
Pentingnya Menulis .. dilanjutkan dengan deskripsi lainya
urutan ini menunjukan bahwa penekanan
secara hirarki dari yang paling penting mulai judul, slogan hingga deskripsi
Dengan adanya penekanan seperti maka hal
yang paling penting hingga yang biasa-biasa saja mudah untuk dimengerti audiens
Oke kira kita seperti itu kita lanjut
penilaian berikutnya ..
Penilaian Ke-3 #Kesatuan
Dalam desain grafis ada yang disebut
dengan kesatuan kesatuan memiliki beberapa komponen penyusun yaitu kedekatan,
keselarasan, Kesamaan dan perataan, Saya jelaskan singkatnya aja
- Kedekatan, Cara menempatkan komponen – komponen desain grafis agar terlihat
menyatu atau membuat bentuk semu
- Keselarasan,
- Perataan, bagaimana komponen disimpan dalam perataan dengan objel yang lain
seperti rata kiri, rata kanan, rata kiri kanan dan rata tengah
- Kesaamaan, dilihat dari bentuk dasar seperti persegi, lingkaran atau
diagonal. Desain akakb terlihat ada kesamaan jika desain menggunakan salah
satu bentuk dan variasinya, seperti lingkaran dengan variatif nya elips
Oke itu penjelasan singkatnya, sekarang
kita coba terapkan nilai standar tadi pada desain dibawah
ada beberapa penilaian untuk cover diatas
sebagai berikut:
- Kedekatan, objek pada desain grafis rapi sekali terlihat 4 logo, jarak
antara semua logo rapih sekali mantap, termasuk objek diatas judul dan
deskripsi pas judul
- Perataan, Untuk perataan teks dan objek semua konsiste rata kiri terlihat
rapih dan satu irama
- Kesamaan, untuk bentuk kesamaan semua berbetuk horizontal mulai garis putih
antara judul. Kota merah juga garis lurus horizontal
Secara keseluruhan desain diatas dari
segala yang admin tahu sudah sempurna
Penilaian Ke-4 #Tata
Letak Atau Layout
Sekarang kita penilaian ke tata letak
banyak sekali tentang tata letak dalam desain grafis
Pada intinya bagaimana kita menggunakan
tata letak yang cocok harmonis tanpa meninggalkan pesan dari konten desain
grafis
Ada tata letak yang cocok untuk deskripsi
yang banyak ada juga yang menonjolkan gambar, lebih jelasnya rekan bisa klik
link di bawah:
Sekarang kita bahas penilaian hasil desain
grafis dibawah:
ada
beberapa penilaian admin untuk desain diatas sebagai berikut:
- Penggunaan warna sangat menyatu warna hijau, silver dan merah muda
pada baju aktor tjdak terlihat bertabarakan
- Teks warna putih kontras mempermudah pembaca semakin mudah
- Visualisasi gambar jam cocok dengan model yang memakai jam tersebut
- Tata letak ini menggunakan picture layout pemilihan layout ini
cocok sekali karena kekuatan pada desain ini adalah gambar jadi penggunaan
gambar jam tangan dan model memberikan kesan mewah
- Menurut admin kekurangan judul akan lebih mudah jika terdapat judul
cukup besar tentang merek jam tangan tersebut dengan adanya judul maka
audiens akan lebih mudah mengingat merek jika mau membeli jam tangan
tersebut
Kita lanjut ke penilaian selajutnya yaitu
komunikatif
Penilaian Ke-5 #Komunikatif
Desain grafis merupakan salah satu visual
bagus salah satu sarana komunikasi dengan gambar
Jadi jika desain grafis tidak bisa
dimengerti atau tidak memberikan pesan baik tersurat atau tersirat maka itu
perlu di pertanyakan
bisa jadi warna yang menyatu dengan warna
background atau tata letak masih banyak kemungkinan menjadi pesan tidak
tersampaikan
Saya mengambil desain dibawah sebagai
bahan penilaian desain grafis
oke kita analisa desain untuk penilaian
desain grafis, intinya untuk komunikatif seberapa pahamkah audiens memahami
pesan dari desain kita
jika mudah, cepat maka itu yang diharapkan
jika sulit dalam harus diperhatikan dulu maka itu harus di revisi
Langsung kita bahas….
Pada desain diatas menggunakan copy heavy
layout pemilihan tata letak yang cocok untuk desain yang membutuhkan teks
banyak, beberapa penilaian admin untuk teks diatas:
- Warna sudah mancap pas antara background dengan teks
- Pada teks terlihat ada penekanan judul, waktu dan diskon ini
efektif audiens langsung mendapatkan klu dari dari desain diatas
- Gambar visual sudah pas ada tidak terlalu besar memang untuk tipe
layout heavy sulit menggunakan background dengan beberapa warna karena
teks yang cukup banyak
- Perataan teks konsisten semua justify rata kiri kanan terlihat
semua rapi
jadi kesimpulannya… Desain proster diatas
komunikatif pesan bisa tersampaikan ..
Penilaian Ke-6
#Keserasian Warna
Warna sangat berpengaruh pada desain
grafis setelah semua di setting mulai layout, ukuran dll
Maka kita tentukan warna desain kita,
warna akan membawa psikologi desain kita tidak semua warna kita gunakan begitu
saja
ada kecocokan seperti warna merah untuk
berani pas untuk desain tema perjuangan atau warna ungu untuk desain mewah
cocok untuk iklan produk kecantikan
Dan keserasian warna juga mempengaruhi
seperti warna kuning bagus digabung warna, putih dan biru
Ini semua bisa kita pelajari di teknik
psikologi warna pahamj dahulu baru kita terapkan ke desain grafis kita,
perhatikan desain dibawah:
kita coba analisa warna diatas yaitu biru
putih, hitam dan merah… untuk warna mantap ..
warna putih untuk teks pilihan yang tepat
tulisan terlihat jelas dan kontras sehingga pesan bisa sangat mudah
tersampaikan
selanjutnya warna batang pohon yaitu biru
dengan area gelap sebelah kiri ini sangat menyatu
Dengan area gelap sebelah kiri lebih
menyatu dengan background dan memberikan dimensi 3D
Terlihat juga warna merah sebagai atribut
dari daun tidak mengalahkan warna hitam sebagai background dan warna biru
sebagai gambar visual utama Untuk desain diataa mancap ..
Penilaian Ke-7
#Kesesuaian Tema
Apapun desain kamu semua berawal dari tema
sebagus apapun desain anda jika tidak sesuai dengan tema artinya tidak akan
dipakai
Tema ini muara ide semua mulai warna, tata
letak bahkan ukuran media bisa terpengaruh oleh tema
Bayangkan jika desain kita sudah beres
lalu tema dirubah besar kemungkinan anda harus buat ulang
Kita contohkan jika tema nya tentang olah
pekan olah raga tentu warna yang digunakan cocok untuk cerah
Gambar visualisasi dan atribut-atribut
akan menggunakan yang bertema olah raga semua komponen inilah yang harus sesuai
dengan tema
Saya mengambil desain dibawah sebagai
bahan penilaian desain grafis
Saya mengambil desain dibawah sebagai
bahan penilaian desain grafis
Desain ini digunakan untuk banner
berukuran 3 × 2 m yang suka dipasang di pinggir jalan.
Secara keseluruhan desain poster ini cukup
baik,menarik perhatian orang,
Indah untuk dipandang hanya saja desain
untuk poster ukuran relatif kecil dan desain baner ukuran besar
Perlu dibedakan desainnya karena untuk
dipasang dipinggir jalan dengan kendaraan berkecepatan tinggi.
Perbedaan poster desain ukuran kecil
dengan poster desain baner ukuran besar sangatlah berbeda.
Perbedaannya terletak pada ukuran dan
desainnya yang terlihat pertama kali oleh pemirsa adalah kata bandung.
Menurut para desain dan penulis yang perlu
dijual adalah panggung musik jadi yang harus terlihat menonjol harusnya itu
kata kata panggung musik supaya poster dapat terlihat oleh pemirsa
Sebuah poster panggung musik kurang
tercermin karena tidak ada simbol simbol yang mencerminkan alat musik dan
sejenisnya.
Seharusnya didalam poster tersebut
setidaknya harus ada sebuah simbol yang berhubungan dengan acara panggung
musik.
Poster ini perlu penelitian tentang simbol
simbol yang berhubungan dengan musik seperti spiker,kaset,CD,gitar dan alat
alat musik lainnya.
Poster ini lebih cocok jika acara nya
jumpa artis sinetron karena sudah terlihat di dalam poster ini menginformasikan
tentang jumpa fens artis sinetron
Poster ini masih kurang tidak ada
keterkaitan dengan judul poster panggung musik karena poster ini lebih
menonjolkan ke acara sebuah konser
Penilaian Ke-8
#Keselarasan Bentuk Dasar
Masih di poster pentas musik diatas
sekarang kita akan bahan kesesuaian bentuk dari poster tersebut
Poster ini bentuk desain sudah
memperhatikan kaidah kesatuan bentuk lingkaran tak hanya saja seponsor kuku
bima energi
Seakan-akan tidak menyatu dengan desain
karena pemilihan warna desain kurang menonjol jadi terlihat kurang menarik
perhatian pemirsa.
Seharusnya seorang desain harus bisa
memilih desain kriteria yang cocok untuk sebuah acara.
Seharusnya sebelum mendesain pendesain
harus mempersiapkan ide pikiran yang cocok untuk sebuah acara dan sebelum
mendesain
Pendesain harus membuat kerangka kerja
karena dengan itu seorang pendesain akan bisa mendesain suatu poster atau
banner sesuai dengan tema judul acara tersebut
Seorang desainer harus bisa
mengklasifikasikan dan menyatukan warna yang cocok sesuai dengan kriteria
poster
Selain itu pendesain harus bisa mengambil
gambar dan mencocokan warna pada gambar .
EmoticonEmoticon